Berita

Menu

Like Please

Selasa, 14 Mei 2013

Tentang Suriname_Amerika Selatan

Republik Suriname (Surinam), dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah sebuah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda. Negara ini berbatasan dengan Guyana Perancis di timur dan Guyana di barat. Di selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara dengan Samudra Atlantik

Peta Suriname




Bendera Suriname

Uang Kuno

Herman William Daendels
Di akhir 1800-an Belanda mulai mendatangkan para pekerja asal Jawa, India dan Tiongkok. Orang Jawa awalnya ditempatkan di Suriname tahun 1880-an dan dipekerjakan di perkebunan gula dan kayu yang banyak di daerah Suriname.


 Pabrik Kayu Lapis di Suriname

Orang Jawa menyebar di Suriname, beberapa desa ada bernama Jawa, seperti Tamanredjo dan Tamansari. Orang Jawa Suriname sesungguhnya masih menjalin dengan kerabat di Tanah Jawa, itu sebabnya bahasa Jawa tetap lestari di daerah Suriname. Rata-rata orang Jawa Suriname beragama Islam, walau ada sedikit yang beragama lain
Di Suriname tinggal sekitar 75.000 orang Jawa dan dibawa ke sana dari Hindia-Belanda antara tahun 1890-1939. Suriname merupakan salah satu anggota Organisasi Konferensi Islam.

Suku Jawa sudah berada di Suriname sejak akhir abad ke-19, di mana angkatan pertamanya dibawa oleh kolonis Belanda dari Hindia-Belanda (sekarang Indonesia). Sebagian keturunan mereka ada yang tinggal di Belanda. Sampai sekarang, mereka tetap menuturkan bahasa Jawa.

 Orang Jawa di Suriname


Lempuing Jaya, 14 Mei 2013

Bunda Annisa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar