Kurikulum baru untuk tingkat
SD/MI yang mulai diterapkan Juli 2013 mendatang menggunakan metode pembelajaran tematik integratif. Dalam metode
tematik integratif, materi ajar disampaikan dalam bentuk tema-tema yang
mengintegrasikan seluruh mata pelajaran. Kompetensi dari berbagai mata
pelajaran diintegrasikan ke dalam berbagai tema.
Pada Kurikulum Baru untuk SD/MI masing-masing kelas akan disediakan banyak tema. Umumnya tiap tingkatan kelas mempunyai delapan tema berbeda. Tema yang sudah dipilih itu harus selesai diajarkan dalam jangka waktu satu tahun. Guru diberi kewenangan untuk memilih teknis pengajaran maupun durasi pembelajaran satu tema.
Metode tematik ini mengintegrasikan sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran. Selain itu, juga sebuah tema juga mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang berkaitan. Siswa tidak belajar konsep dasar secara parsial, sehingga memberikan makna yang utuh kepada siswa seperti tercermin pada berbagai tema.
Tema-tema pada pembelajaran tematik integratif Kurikulum 2013 berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia. Keduanya memberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Penjaskes pada kelas I-III. Kompetensi dasar dari IPA dan IPS sebagai pengikat dan pengembang kompetensi dasar mata pelajaran lainnya. Siswa belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV-VI sudah mulai mampu berpikir abstrak
Inilah daftar tema dan alokasi waktu pada metode pembelajaran tematik integratif di SD Kurikulum 2013
Pada Kurikulum Baru untuk SD/MI masing-masing kelas akan disediakan banyak tema. Umumnya tiap tingkatan kelas mempunyai delapan tema berbeda. Tema yang sudah dipilih itu harus selesai diajarkan dalam jangka waktu satu tahun. Guru diberi kewenangan untuk memilih teknis pengajaran maupun durasi pembelajaran satu tema.
Metode tematik ini mengintegrasikan sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran. Selain itu, juga sebuah tema juga mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang berkaitan. Siswa tidak belajar konsep dasar secara parsial, sehingga memberikan makna yang utuh kepada siswa seperti tercermin pada berbagai tema.
Tema-tema pada pembelajaran tematik integratif Kurikulum 2013 berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia. Keduanya memberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Penjaskes pada kelas I-III. Kompetensi dasar dari IPA dan IPS sebagai pengikat dan pengembang kompetensi dasar mata pelajaran lainnya. Siswa belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV-VI sudah mulai mampu berpikir abstrak
Inilah daftar tema dan alokasi waktu pada metode pembelajaran tematik integratif di SD Kurikulum 2013
KELAS I
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Diri Sendiri
|
4 Minggu
|
|
2. Kegemaranku
|
4 Minggu
|
|
3. Kegiatanku
|
4 Minggu
|
|
4. Keluargaku
|
4 Minggu
|
|
5. Pengalamanku
|
4 Minggu
|
|
6. Lingkungan
Bersih, Sehat, dan Asri
|
4 Minggu
|
|
7. Benda,
Binatang, dan Tanaman di sekitarku
|
4 Minggu
|
|
8. Peristiwa
Alam
|
4 Minggu
|
|
KELAS II
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Hidup
Rukun
|
4 Minggu
|
|
2. Bermain
di Lingkunganku
|
4 Minggu
|
|
3. Tugasku
Sehari-hari
|
4 Minggu
|
|
4. Aku
dan Sekolahku
|
4 Minggu
|
|
5. Hidup
Bersih dan Sehat
|
4 Minggu
|
|
6. Air,
Bumi, dan Matahari
|
4 Minggu
|
|
7. Merawat
Hewan dan Tumbuhan
|
4 Minggu
|
|
8. Keselamatan
di Rumah dan Perjalanan
|
4 Minggu
|
|
KELAS III
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Sayangi
Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
|
3 Minggu
|
|
2. Pengalaman
yang Mengesankan
|
3 Minggu
|
|
3. Mengenal
Cuaca dan Musim
|
3 Minggu
|
|
4. Ringan
Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul
|
3 Minggu
|
|
5. Mari
Kita Bermain dan Berolahraga
|
3 Minggu
|
|
6. Indahnya
Persahabatan
|
3 Minggu
|
|
7. Mari
Kita Hemat Energi untuk Masa Depan
|
3 Minggu
|
|
8. Berperilaku
Baik dalam Kehidupan Sehari-hari
|
3 Minggu
|
|
9. Menjaga
Kelestarian Lingkungan
|
3 Minggu
|
|
KELAS IV
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Indahnya
Kebersamaan
|
3 Minggu
|
|
2. Selalu
Berhemat Energi
|
3 Minggu
|
|
3. Peduli
terhadap Makhluk Hidup
|
3 Minggu
|
|
4. Berbagai
Pekerjaan
|
3 Minggu
|
|
5. Menghargai
Jasa Pahlawan
|
3 Minggu
|
|
6. Indahnya
Negeriku
|
3 Minggu
|
|
7. Cita-citaku
|
3 Minggu
|
|
8. Daerah Tempat
Tinggalku
|
3 Minggu
|
|
9. Makanan Sehat
dan Bergizi
|
3 Minggu
|
|
KELAS V
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Bermain dengan Benda-benda di sekitar
|
7 Minggu
|
|
2. Peristiwa dalam Kehidupan
|
7 Minggu
|
|
3. Hidup Rukun
|
6 Minggu
|
|
4. Sehat itu Penting
|
7 Minggu
|
|
5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
|
6 Minggu
|
|
KELAS VI
|
||
TEMA
|
WAKTU
|
|
1. Selamatkan
makhluk hidup
|
6 Minggu
|
|
2. Persatuan
dalam perbedaan
|
5 Minggu
|
|
3. Tokoh
dan Penemu
|
6 Minggu
|
|
4. Globalisasi
|
6 Minggu
|
|
5. Wirausaha
|
7 Minggu
|
|
6. Kesehatan
masyarakat
|
8 Minggu
|
Daftar tema dan alokasi waktu di atas didapat dari dokumen draf Kurikulum 2013. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt yang mendasari untuk mengintegrasikan kompetensi dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar